Selamat Datang di situs saya yang apa adanya ini
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengunjungi situs saya ini. Insya Allah, di situs ini anda akan banyak share , inovasi serta motivasi yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya dunia pembelajaran di PERHOTELAN. Situs ini saya persembahkan bagi para pendidik sekaligus juga untuk para pelajar yang ingin mengembangkan diri terutama dalam mengkreasi, menginovasi serta memotivasi diri anda baik . Disini anda dapat lebih memberdayakan potensi otak kanan sekaligus otak kiri sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT.
Langsung saja kita ke temanya "TUGAS DAN TANGUNG JAWAB MASING-MASING DEPERTEMEN DI HOTEL" sebagai berikut ,semoga ada manfaat buat kita semua .
TUGAS DAN TANGUNG JAWAB MASING-MASING DEPERTEMEN DI HOTEL
O
L
E
H
PERHOTELAN V/III/E
PERHOTELAN V/III/E
ALI WARDANA
PEMBAHASAN
AFRONT OFFICE
Front
Office, adalah salah satu departement di sebuah hotel yang berada di begian
depan merupakan pintu gerbang dari hotel itu sediri sehingga mudah diketahui
dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu.
Front
Office berperan penting bagi sebuah hotel karena :
1. Merupakan
pusat kegiatan hotel.
2. Para
tamu mendapatkan pelyanan sebelum tamu tiba, pada saaat tiba di hotel, pada
saat tiba di hotel, pada saat berada di hotel dan pada waktu akan meninggalkan
hotel.
3. Kira-kira
65% pendapatan hotel didapatkan dari hasil penyewaan kamar.
4. Kesan
pertama dan kesan terakhir bagi tamu di tentukan oleh front office.
Peranan
Front Office :
1. Sebgai
sumbu atau poros dari kegiatan hotel.
2. Sebagai
jantung dari sebuah hotel.
3. Sebagai
ujung tombak.
4. Sebagai
barometer.
Fungsi
Front Office :
1. Menjual
kamar
ü Menerima
pesanan kamar
ü Menangani
tamu tanpa pemesanan kamar (walk-in)
ü Mengerjakan
atau memproses pendaftaran tamu.
ü Menentukan
nomor kamar.
2. Menyiapkan
dan memberikan pelayanan informasi hotel
ü Informasi
yang berhubungan dengan fasilitas hotel (Hotel Operation)
ü Informasi
tentang kejadian dan tempat-tempat atau objek yang bisa dinikmati oleh tamu di
luar hotel.
3. Mengkoordinir
pelayanan
ü Antar
departemen yang berhubungan langsung dengan tamu dengan departemen yang
langsung berhubungan dengan tamu.
ü Menangani
permasalahan tamu dan keluhan (complains)
4. Mengerjakan
laporan tentang status kamar
- 1.tatus terjual (o)
- 2.Sedang di kerjakan
- 3.Kamar rusak (ooo)
- 4.Vacant room (v)
5. Menyiapkan
pembayaran
·
Penyusunan polio dan rekening tamu
·
Memasukan tagihan kedalam folio (up
dating)
·
Mengawasi batas tagihan (credit levels)
·
Mengumpulkan transaksi tamu
6. Menangani
pembayaran tamu
·
Menyiapkan statement
·
Menyelesaikan pembayaran
7. Menyusun
daftar riwayat kunjuangan tamu
ü Melakukan
pencatatan data individual untuk kunjungan yang akan datang
ü Meyelenggarakan
arsip kartu riwayat kunjungan tamu (Guest History Card)
8. Menangani
telephone Switch Board, Telex, Fax, Telegram
ü Menangani
semua pembicaraan telephone
ü Menerima
dan mengirim telex, fax, dan telegram.
9. Menangani
barang-barang bawaan tamu
ü Menagani
barang-barang tamu pada waktu tiba dan berangkat
ü Menangani
perpindahan kamar
ü Menagani
penitipan barang-barang bawaan tamu.
Bagian-
Bagian Front Office
A. Front
office Manager
Front
office manager bertanggung jawab kepada general manager hotel, ia bertanggung
jawab atas semua hal yang bersangkutan dengan semua kegiatan operasional dan
administrasi kantor depan.
B. Assistan
front office manager
Bertanggung
jawab kepada front office manager bertugas untuk membantu menyelesaikan tugas
pimpinan , mewakili manajer apabila berhalangan hadir di suatu rapat ,
menyiapkan dan memeriksa untuk tamu penting , mengkordinir bawahan dan
bekerjasama dengan departemen lain dan menerima complain dari tamu.
C. Telephone
operator
Telephone
operator adalah satu secsioan berada di front officee yang secara umum memiliki
tugas menerima telophone ,menyambungkan telephone dan mencatat pesan tamu.
D. Reservasi
Reservasi
adalah satu secsion yang berada di front office yang secara umum memiliki tugas
untuk memperlancar operasional dan administrasi di bagian pemesanan kamar.
E. Reception
Reception
adalah secsion yang berada di front office yang bertugas menangani kedatangan
tamu ( check-in ) ,baik mengani tamu dengan reservasi ( reservation guest)
maupun tamu tanpa reservasi ( walk-in guest ) menangani tamu pindah kamar (
change room ) dan menangani tamu berangkat ( check-out ).
F. Front
office cashiering
Front
office cashhiering adalah secsion yang berda di front office yang bertugas
menangani rekening transaksi pembayaran dari para tamu sebelum mereka
meninggalkan hotel ( check-out ).
G. Uniformend
Uniformend
service adalah secsion yang berada di front office yang secara umum memiliki
tugas menangani barang bawaan tamu baik tamu tiba ( check-in ) , tamu pindah
kamar
(
room change) sampai tamu berangkat ( check-out).
H. Information
service
Information
sevice adalah secsion yang berada di front ofice yang secara umum memiliki
tugas untuk memberikan beragam informasi kepada tamu secara tepat dan akurat.
B.
Food & Beverage DEPERTEMEN
Berikut
ini adalah uraian tugas dan tanggungjawab setiap posisi dibagian makanan dan
minuman.
1.
Food & Beverage Director
Uraian
tugas dan tanggungjawabnya:
- Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi
penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
- Melakukan analisa tentang pesaing
- Menyusun anggaran FB Production
kitchen, F&B service dan Stewarding
- Merumuskan kebijaksanaan
pengendalian biaya operasional
- Menangani permasalahan yang
memerlukan penanganan langsung
- Menciptakan hubungan yang harmonis
dengan kolega dan pelanggan
- Menyelenggarakan briefing di dalam
departemen
- Mengusulkan kepada atasan, tentang
penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage
department jika diperlukan
2. Assistant Food &
Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Melakukan koordinasi pelaksanaan
kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
- Menyusun rencana kerja dan menilai
pelaksanaanya
- Mengawasi jadual operasional
bawahannya
- Memonitor hasil inventaris fisik di
bagian kitchen, F&B service dan stewarding
- Memonitor pelaksanaan store room
requisition
- Melakukan penilaian penampilan
kerja bawahan
- Melaksanakan kelancaran operasional
berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage
department
- Mengkoordinasikan penyiapan dan
mengawasi kelancaran acara event/function
- Menangani permasalahan yang
memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
- Menjalin hubungan dengan rekan dan
tamu
- Menciptakan hubungan yang harmonis
dengan kolega dan pelanggan
- Memberi arahan dan petunjuk kepada
bawahan .
3. Restaurant
& Bar Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mengkoordinasi kegiatan operasi di
outlet food & beverage service
- Mengkoordinasi persiapan dan
mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
- Membantu kelancaran pelaksanaan
inventaris fisik
- Menjalin dan membina hubungan
dengan tamu
- Membantu untuk membuat laporan
monthly report F&B sales
- Melakukan penilaian penampilan
kerja bawahan
- Mengani permasalahan yang
memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
- Menangani dan memonitor suatu
perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
- Memonitor dan mengawasi personal
hygiene, grooming and sanitasi
- Menangani dan mengawasi langsung
pelayanan tamu VIP
- Menciptakan dan membina suasana
kerja yang sehat
- Menyelenggarakan briefing harian.
4. Head Waiter
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
- Mengawasi penyimpangan penggunaan
par stock
- Memeriksa kelengkapan dan ketepatan
dari “mise en place”
- Meneliti ketepatan daily sales
report
- Mengarahkan dan mengawasi
kelancaran pelayanan di restoran
- Menangani keluhan tamu
- Mengatur pembagian “station”
- Memeriksa personel hygiene,
grooming dan sanitasi
- Mendampingi sous chef dalam
penataan buffet
- Menangani langsung pelayanan tamu
VIP (Very important Person)
- Mengkoordinir dan mengawasi
pelaksanaan clear up
- Membantu kelancaran pelaksanan
inventaris pisik
- Memeriksa kelengkapan, ketepatan
pengadaan”store room requisition”
- Menjalin hubungan baik dengan tamu
- Membuat jadual kerja bawahan
- Mengawasi disiplin bawahan
- Menangani permasalahan tamu
- Melakukan penilaian kerja bawahan
- Menciptakan dan membina suasana
kerja yang sehat .
5. Assistant (Head
Waiter Captain)
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Membantu head waiter melaksanakan
tugasnya
- Melengkapi kelengkapan, ketepatan
dari mise en place
- Membuat daily sales report
- Melengkapi penyimpanan dan
penggunaan par stock
- Mengawasi dan membantu kelancaran
ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan
minuman
- Membuat repair dan maintanance
order
- Menangani langsung pelayanan tamu
VIP
- Mengatasi keluhan tamu
- Mengawasi dan mengarahkan
kelancaran pelayanan bawahan
- Membantu kelancaran pelaksanaan
inventaris fisik
- Menjalin hubungan baik dengan tamu
- Menciptakan dan membina suasana kerja
yang sehat
6. Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mempersiapkan kelengkapan tehnis
pelayanan
- Melaksanakan persiapan set up-mise
en place
- Melakukan pelayanan langsung kepada
tamu
- Mengambil pesanan/order tamu dari
captain untuk diteruskan kepada kitchen
- Melaksanakan penyajian hidangan
kepada tamu
- Melaksanakan clear up dari meja
tamu
- Mempersiapkan dan mengambil
kebutuhan linen napkin, wares, supplies
- Mengumpulkan dan mengantarkan
soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
- Melakukan penyiapan table set up
dan clear up
- Melaksanakan dan mengikuti perintah
captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
- Melakukan pembersihan area kerja
- Menjalin hubungan dengan tamu
- Menghadiri briefing harian
7. Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mengawasi penyimpanan, penggunaan
bar stock
- Melengkapi kelengkapan, ketepatan
dari mise en place
- Membuat daily sales report
- Mengawasi kelancaran, ketepatan
pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
- Menyusun standard portion, standard
receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
- Mengarahkan, mengawasi kelancaran
pelayanan
- Mengatasi keluhan tamu
- Mengatur pembagian “station” serta
mengawasi pelaksanannya
- Memeriksa personel hygiene,
grooming dan sanitasi
- Menangani langsung pelayanan tamu
VIP
- Membantu kelancaran pelaksanaan
inventaris fisik
- Memeriksa kelengkapan, ketepatan
pengadaan”store room requisition”
- Membuat repair dan maintanace order
- Mengawasi disiplin bawahan
- Menangani permasalahan tamu
- Melakukan penilaian kerja bawahan
- Menciptakan dan membina suasana
kerja yang sehat
8. Room Service Order
Taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Menangani penerimaan, pencatatan
room service order dan menyampaikan kepada room service captain
- Menyarankan dan membantu tamu dalam
pemilihan menu
- Memelihara suasana kerja yang sehat
- Menghadiri briefing head waiter
C.
HOUSEKEEPING
DEPARTMENT
.
Housekeeping adalah departemen yang mengatur dan bertanggung
jawab terhadap peralatan, kebersihan, melaporkan kerusakan serta dekorasi
terhadap segala event yang adadi hotel, agar hotel mejai lebih rapi , bersih,
menarik , dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya menyiapkan kamar tamu,
tapi bertanggung jawab keseluruha , merawat dan membersihkan semua fasilitas
hotel yang bersih , rapi dan nyaman . Oleh sebeb itu , semua kegiatan
housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan
kebersihan hotel secara keseluruhan dapat dipertahankan .
staff Housekeeping memberikan pelayanan kepada kelancaran ,
kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public area, restoran , ruang pertemuan ,
laundry , fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya . Mereka adalah bagian dari
sebuah tim yang selalu siap untuk mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu
hotel. Karyawan housekeeping sangat sensitif tentang kenyamanan tamu dengan
memperhatikan rincian dan mengikuti semua perbaikan yang diperlukan .
Ruang lingkup tugas dan tanggung jawab
Bagian housekeeping bertanggung jawab terhadap , kerapian ,
ketertiban , kebersihan kelengkapan , membuat nyaman semua kamar yang ada di
daerah atau hotel . meliputi :
1 . kamar tamu
2 . koridor
3 . restoran dan perjamuan
4 . ruang kantor
5 . ruang istirahat
6 . Locker
7 . Park dan taman
8 . Kolam renang
9 . area parkir
Tugas Housekeeping DeparTment
1.
Menciptakan
suasana yang bersih , menarik, nyaman , dan aman .
2.
Memberikan
layanan di kamar sebaik mungkin untuk tamu , sehingga tamu merasa puas ketika
mengunjungi atau tinggal di hotel .
3.
Persiapan
, penataan , dan pemeliharaan kamar .
4.
Bertanggung
jawab untuk menjaga kebersihan semua outlet dan ruang umum di hotel .
5.
Melaporkan
dan membawa hilang dan ditemukan di supervisor
6.
Seragam
Hotel , sepatu dan kaus kaki ditentukan .
Target Housekeeping
1. Hygiene .Kebersihan hotel dalam
sangat menentukan , jika kebersihan adalah terpelihara dengan baik sehingga
tamu akan merasa nyaman dan tenang seperti sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan
banyak tamu
2. Kerapian. Kerapian meliputi
tata letak pengaturan kamar dengan perlengkapan yang sesuai dan dekorasi
membuat ruangan menjadi lebih menarik .
3. Kelengkapan . Mengantisipasi
menentukan pilihan sebuah hotel karena kebersihan hotel. kebutuhan tamu
selama mereka tinggal dengan fasilitas premium menyelesaikan semua sesuai
dengan standar sehingga pengunjung merasa nyaman dan Selamat datang untuk
tinggal dan mengunjungi kembali ke hotel .
4. Fasilitas . Fasilitas mencakup
semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan digunakan oleh tamu
hotel , sehingga meningkatkan kenyamanan dan fasilitas yang tidak mengganggu
kegiatan mereka
Di operasional hotel, hal yang harus dilakukan dan tentang
kebersihan dilaksanakan oleh housekeeping departemen, yang kegiatannya dipimpin
oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper . Secara umum, departemen
housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar , adalah wajar
bahwa housekeeping memiliki jumlah karyawan lebih dari departemen lain . Oleh
karena itu , pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur oleh
bagian berikut :
1. Public Area. Bagian yang
memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan , kerapihan ,
keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, yang keduanya ada di luar gedung atau
di dalam bangunan hotel , antara lain Lobby area , toilet , restoran , ruang
pertemuan , taman , area parkir dan fasilitas untuk hotel karyawan .
2. Room section. bagian yang
memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan , kerapian
dan kelengkapan kamar .
3. Laundry. bagian yang memiliki
tanggung jawab untuk menyediakan linen bersih - linen untuk keperluaan kamar,
restoran dan ruang pertemuan , menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan
tamu membersihkan pakaian kotor .
4. Linen dan Uniform. Bagian
bertanggung jawab untuk mengelola seluruh sirkulasi dan penyediaan linen dan
seragam bagi karyawan .
5. Florist. Bagian bertanggung
jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga segar untuk mempercantik dekorasi
di hotel .
6. Kesehatan & jasa rekreasi
bertanggung jawab atas fasilitas umum yang disediakan oleh hotel untuk tamu ,
selimut , spa dan pijat , kebugaran , golf , kolam renang dan banyak lagi.
Formulir Digunakan Housekeeping
Jenis-jenis formulir yang digunakan dalam administrasi rumah
tangga , antara lain:
1. Roomboy Control Sheet
2. Room Report
3. housekeeping Report
4. Lost and Damages Report
5. Repair and Maintenant Report
6. Linen Inventory Report
7. Cleaning and Guest Supplies Report
8. Lost and Found Report
9. Log Book
10. Linen Laundry Delivery Slip
11. Room Check List
12. Lost and Found Book
13. Mini Bar Daily Sales Report
14. Mini Bar Daily Late Charge Report
15. Mini Bar Bill .
D. ACCOUNTING DEPARTMENT DAN
SECTION-SECTIONNYA
Departemen Keuangan
Hotel merupakan salah satu bagian dari manajemen hotel yang berfungsi untuk
mengatur semua hal yang berhubungan dengan membiayai hotel. Setiap perusahaan
termasuk hotel memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal pengaturan keuangan
mereka. Namun, section dai accounting department Hotel umumnya dapat
digambarkan sebagai berikut :
A. Seksi – seksi yang ada di Accounting Dept.
dan Tugas masing – masing seksi
1. Finance Manager
a. Mengesahkan
laporan keuangan ( Neraca, R/L= Rugi-Laba) untuk disetuju oleh General Manager,
selanjutnya GM menyerahkan kepada Direktur
b. Menyetujui
pemasukan dan pengeluaran uang
c. Menyetujui
permintaan barang dari Department ( Goods Request ) Dan pengeluaran barang dari
Gudang ( Store Room Request )
d. Memimpin
seluruh SDM Accounting sesuai struktur organisasi
e. Bertanggung
jawab langsung kepada General Manager
2. Accounting Supervisor
a. Menbuat
laporan keuangan ( Neraca, R/L ) untuk diashkan oleh Fin. Adm. Manager
b. Mengawasi
pekerjaan Accountant dan bawahannya
c. Bertanggung
jawab langsung kepada Fin. Adm. Manager
3. Night Audit
a.
Miminta pekerjaan semua kasir operation
dalam satu hari
b.
Membuat summary revenue pada malam hari
c.
Menyerahkan summary berikut lampirannya
( Bills ) beserta uang pada keesokan hari kepada Accounting Back Office sesudah
ditandatangani Chief Cashier
d.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Adm. Manager
4. Internal Auditor
a.
Memeriksa semua data akuntansi ( sesudah
transaksi ) dari hulu ke hilir
b.
Bekerja sama atau membantu tugas
Accounting supervisor untuk membuat laporan keuangan
c.
Melaporkan temuan penyimpangan keuangan
kepada Finance Manager
d.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Adm. Manager
5. Cost Controller
a.
Mengerjakan pekerjaan akuntansi dan
lainnya yang berhubungan dengan keuangan sebelum terjadi transaksi
b.
Meneliti, memeriksa, menyetujui Goods
Request dari Department untuk persetujuan Fin. Manager
c.
Memeriksa segala tagihan atau Invoice
dari supplier sebelum dibayar
d.
Memeriksa permintaan maintenance atau
pemeliharaan barang maupun pembuatan barang oleh ME sebelum disetujui Fin.
Manager
e.
Membuat atau mengubah semua tarif
product hotel sebelum dipublikasi
f.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Manager
6. Purchasing Supervisor
a.
Memriksa good request yang sudah
disetujui untuk dicarikan barang ke
supplier
b.
Mengetahui semua harga – harga barang
keeperluan hotel di pasar guna pembuatan Purchase Order
c.
Membuat summary purchase bulana untuk
dilaporkan kepada Fin. Manager
d.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Manager
7. Store Room Supervisor
a.
Menjaga semua barang yang ada di gudang
b.
Mengatur alur keluar masuk barang di
gudang
c.
Membuat summary bulanan ( Inventory )
barang untuk laporan kepada Fin. Manager
d.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Manager
8. Chief Cashier
a.
Memimpin semua outlet Cashier, Room,
Restaurant, Room Service, Sport & Recreation, Drugstore
b.
Bekerja sama dengan Night Audit
c.
Membuat summary harian dan bulanan untuk
Fin. Manager
d.
Bertanggung jawab langsung kepada Fin.
Manager
9. Accountant
a.
Membantu pekerjaan Accounting Supervisor
b.
Memimpin pekerjaan bawahan :
a.
City Ledger, Account Receivable, Account
Payable, General Cashier, dan Book Keeper
b.
Menyusun laporan keuangan dengan Acct.
Supervisor
c.
Bertanggung jawab langsung kepada Acct.
Supervisor
10. City Ledger
a.
Memeriksa semua pendapatan credit untuk
pembuatan Invoice kepada customer
b.
Menagih kepada customer ( pemakai jasa
Hotel ) yang tidak membayar kontan atau kredit untuk diserahkan kepada General
Cashier
c.
Membuat daftar piutang untuk Accountant
d.
Bertanggung jawab langsung kepada
Accountant
11. Account Receivable
a.
Memeriksa semua data uang
masuk/Bill/Outlet yang didapat dari Night Audit
b.
Membuat Summery Revenue
c.
Memberikan data Bill cash kepada Book
Keeper dan Menyerahkan uang kontan kepada General Cashie
d.
Menyerahkan Bill credit kepada City
Ledgeruntuk ditagih
e.
Bertanggung jawab langsung kepada
Accountant
12. General Cashier
a.
Menyimpan uang kontan, buku – buku,
check dan giro bilyet untuk pembayaran
b.
Mengerjakan buku – buku harian kas dan
bank
c.
Menyimpan bukti – bukti kas dan Bank
yang masuk atau keluar untuk diserahkan kepada Book keeper
d.
Menyetor dan mengambil uang di Bank atas
perintah atasan
e.
Bertanggung jawab langsung kepada
Accountant
13. Account Payable
a.
Mengerjakan PLDB ( Purchase Ledger Day
Book = buku harian pembelian )
b.
Membuat summary bulanan pembelian
c.
Memproses uang pengeluaran Hotel
d.
Mengerjakan seluruh masalah teknis akuntansi
dari awal hingga akhir
e.
Bertanggung jawab langsung kepada
Accountant
14. Book Keeper
a.
Mengerjakan seluruh masalah teknis
akuntansi dari awal hingga akhir
b.
Bertanggung jawab langsung kepada
Accountant
Kesimpulan
Dari
seksi seksi yang ada bila dilihat dari tugas pokoknya masing-masing dapat
dikelompokan menjadi tiga bagian :
1. Bagian yang menangani atau mencatat
penerimaan yaitu:
a.
Night Audit
b.
Internal Auditor
c.
Account Receivable
d.
Chief Cashier
e.
General Cashier
2. Bagian yang menangani atau mencatat pengeluaran
dan pengendalian biaya yaitu:
a.
Cost Controller
b.
Purchasing Supervisor
c.
Store Room Supervisor
d.
Account Payable
e.
General Cashier
Bagian
yang memproses data akuntansi menjadi Laporan keuangan yaitu Book keeper
E.
Human
Resources Development
Tugas
HRD dan Bagian Bagiannya
HRD adalah
singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu terapannya, HRD biasa
disebut sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD dalam manajemen juga biasa
disebut dengan “Human Capitol” atau “Human Resources Management”.
Arti
lain dari Human Resources Development (Sumber Daya Manusia/SDM) adalah suatu
proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh,
manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi
atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit
yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia. Manajemen
sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang
berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan
dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang
tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Tugas
HRD adalah
mengurus info lowongan kerja kemudian melakukan wawancara kerja terhadap calon
pegawai yang sudah melamar dan memilih siapa calon pegawai yang layak untuk
direkrut oleh perusahaan. Oleh karena itu sebagai calon pegawai yang sedang
melamar. anda harus membuat Contoh CV dengan baik dan benar. Apabila perusahaan
yang ingin anda masuki adalah perusahaan multinasional ada baiknya anda membuat
surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris agar lebih menarik di mata HRD staff.
- Tugas HRD
Tugas HRD sendiri dipisahkan oleh jabatan yang diduduki karena HRD sendiri mempunyai kepanjangan yaitu Human Resources of Development, yang mana itu bukan sebuah predikat jabatan melainkan nama sebuah divisi. Jabatan dalam divisi HRD terbagi dalam delapan jenis jabatan yaitu :
- Human Resources of Development
Manager
Mengawasi dan selalu mengevaluasi anggaran perusahaan agar terwujudnya anggaran yang efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap setiap sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Melaksanakan seleksi dan promosi terhadap sumber daya manusia yang dianggap berhak dalam perusahaan. Menjalankan kegiatan pengembangan skill terhadap sumber daya manusia yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Mengemban tanggung jawab atas rekapitulasi absen setiap sumber daya manusia di perusahaan dan perhitungan gaji tunjangan serta bonus. - Human Resources of Development
Recruitment
Tugas HRD recruitment yaitu ikut membantu HRD Manager dalam bidang meng-hire sumber daya manusia. Membentuk prosedur untuk recruitment sumber daya manusia baru. Memasang iklan lamaran dan menyortirnya kemudian melaksanakan test psikologi dan wawancara kerja terhadap sumber daya manusia yang lolos di tahap awal juga adalah salah satu tugas HRD recruitment. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah sikap dan perilaku si pelamar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila anda tidak mempunyai bayangan wawancara serta psikotes kerja seperti apa, tentunya anda bisa mempelajari contoh wartegg test dan tips wawancara kerja. Menyiapkan kontrak serta perjanjian kerja bersama sumber daya manusia yang akan direkrut oleh perusahaan. Mempunyai tugas untuk menginput data ke sistem agar semua tugas HRD di segala jabatan termudahkan dengan ini. Membuat laporan yang menyangkut rekapitulasi, promosi, dan status karyawan. - General Affair Supervisor
Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan kantor dalam rupa peralatan kerja dan sarana prasarana. Menangani hubungan yang berkaitan dengan vendor atau supplier yang dipakain oleh perusahaan. Menyiapkan laporan yang akan dipakai saat rapat anggaran, laporan keuangan dan beban biaya kantor. - Non Material Warehouse Staff
Mempunyai tanggung jawab atas keluar masuknya barang-barang yang akan dipakai untuk menunjang kegiatan perusahaan. Melakukan kontrol dan pengawasan terhadap barang-barang keperluan kantor. - Compensation and Benefit Supervisor
Merawat fasilitas perumahan berupa perumahan, kendaraan, telepon, dan komputer sesuai dengan policy. Melakukan payroll dengan memakai data yang sebanr sehingga pembayaran gaji terhadap sumber daya manusia di perusahaan bisa berjalan secara tepat dan benar. - Payroll Staff
Mengurus proses pengambilan cuti dan tukar shift sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Ikut membantu tugas HRD Administrasi dalam hal pengarsipan. - Welfare Staff
Membuat laporan dana iuran pensiun, Memeriksa hal-hal yang berkaitan izin sakit karyawan serta memberikan dana pengganti terhadap sumber daya manusia yang sakit setelah ia sudah memberikan resep.
Training and
Development Supervisor
Tugas supervisor tentu memberikan bimbingan, namun di dunia HRD supervisor memiliki devisi sendiri yakni Training dan development, berikut adalah tugasnya :
Tugas supervisor tentu memberikan bimbingan, namun di dunia HRD supervisor memiliki devisi sendiri yakni Training dan development, berikut adalah tugasnya :
- Memberikan training kepada newcomer
Setiap setahun sekali mengadakan seminar yang mempunya tema memberi motivasi kepada karyawan agar seluruh karyawan mempunyai semangat kerja yang positif.
Membuat
laporan rekapitulasi dana menyangkut training yang diadakan untuk dikirim ke
direksi.
- Penunjang Tugas HRD
Hal yang diperlukan staff dalam menjalankan tugas HRD adalah kompetensi manajerial yang mampu berkoordinasi terhadap semua divisi di perusahaan. Setelah itu staff HRD pun harus menguasai aspek legal yang ada di negara Indonesia sehingga bisa mengatur hubungan antar karyawan dengan perusahaan karena itu adalah tugas HRD yang paling utama. Namun koordinasi dengan seluruh karyawan adalah komponen utama kesuksesan seorang HRD.
Fungsi
HRD :
- Internal : HRD yang bekerja sebagai
trainer terhadap pegawai di dalam perusahaan.
- Eksternal : Pegawai HRD yang
memeilki konseling diluar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingkat
kemampuan dan kemauan tinggi maka kemampuan akan mengikuti.
Seseorang
HRD yang dapat dikatakan Baik :
- I do what you love, love what you
do : dimana orang yang berhasil dan dapat
dikatakan baik dalam bidang HRDnya apabila ia melakukan pekerjaan atau
kegiatan dengan cinta, dan ia mencintai kegiatan atau pekerjaan yang ia
lakukan.
- Gratefull : Tidak mudah menyerah ,
seseorang berhasil dalam pekerjaan karena ia tidak mudah menyerah dan
terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.
- Healthy Live : bersyukur
akan semua yang didapatkan dan selalu menerima apa yang telah ia
lakukakan, karena ada pepatah bilang apa yang kamu tanam maka itu yang
akan kamu dapatkan.
- Integritas : orang
yang berhasil dalam HRD adalah orang yang dapat berbicara dan dapat
menerpakan perkataannya dengan perbuatan, tidak hanya itu ia juga dapat
mengontrol pribadinya dengan norma-norma lingkngan yang ada.
- Social Skill : kemampuan
berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan
berbagai kalangan dan golongan.
- Dream and Think Big : bermimpi
dan berpikir besar dimana setiap orang dapat bermimpi dan meluangkan
pemikiran yang besar dan berkembang untuk perusahaan dan organisasi yang
mereka naungi.
- Confidence : kepercayaan
diri mampu meningkatkan hasil yang maksimal.
- On Time : tepat
waktu, dengan kamu selalu disiplin untuk tepat waktu secara tidak sadar
kamu merhargai dirimu dan orang lain.
- Open Minded : berpikiran
terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif yang ada.
- Respect : menghargai,
menghormati dan peka akan suatu perubahan yang ada pada lingkungan
sekeliling kita.
- Never Give Up : jangan
mudah putus asa.
- Just Perfom : lakukan
semaksimal mungkin dan berikan yang terbaik.
F. DPERTEMEN ENGINEERING
TUGAS
DAN TANGGUNG JAWAB SEKSI-SEKSI ENGINEERING
Teknik
atau sektor perhotelan di departemen engineering bertanggung jawab atas
pelaksanaan, pengawasan, operasi dan pembiayaan biaya properti , pemeliharaan
dan energi, dan segala sesuatu yang lain bahwa properti atau fasilitas di seluruh
hotel. Secara umum, menurut redline dan stipannuk pengoperasian tujuan
departemen teknik adalah:
1
. Lindungi investasi fisik bangunan fasilitas
2
. Mengatur Biaya pemeliharaan
3
. Anggota dukungan yang diperlukan untuk keseluruhan kepuasan tamu
4
. Peran dalam mendukung efisiensi operasional departemen lain
5
. Meminimalkan biaya menggunakan energi untuk mengoperasikan fasilitas
6
. Potenai meminimalkan masalah keamanan
Job
Description Engineering Department
1 . chief
engineering. Sebuah jabatan tertinggi di bidang teknik yang bertanggung jawab
atas kelancaran dan keberhasilan departemen , yang pada gilirannya merupakan
keberhasilan hotel ' s secara keseluruhan .
2 . electricity Adalah bagian yang bertanggung jawab untuk bagian yang berkaitan dengan listrik (arus kuat) . Dan dapat digabungkan ke bidang pemantauan elektronik ( aliran lemah)
2 . electricity Adalah bagian yang bertanggung jawab untuk bagian yang berkaitan dengan listrik (arus kuat) . Dan dapat digabungkan ke bidang pemantauan elektronik ( aliran lemah)
3
.Machine. Bagian bertanggung jawab untuk mesin tersebut , lift , mesin boiler ,
mesin cuci, peralatan dapur dan peralatan mesin lainnya
4
. Plumbing. Bagian bertanggung jawab atas pipa. Biasanya yang sering
menjadi masalah dalam saluran air . Bocor saluran air sering disebabkan
oleh kesalahan manusia atau kurangnya keseriusan dalam memperbaiki pipa yang
rusak . Oleh karena itu ahli pipa yang diperlukan yang benar-benar
mengerti tentang hal-hal seperti .
5
. Civil. Bagian bertanggung jawab untuk bangunan fisik atau struktur atau
baik eksterior maupun interior , termasuk pemeliharaan lukisan , furniture
polish , lantai saluran , dll
6
. Maintanance. Sebuah proses atau tindakan yang bertujuan untuk
mengembalikan properti hotel dengan standar yang telah ditentukan , sehingga
dapat beroperasi dengan baik sesuai rencana .
G. SALES
DAN DEPARTEMEN MARKETING
Pengertian
Sales dan Departemen Marketing serta Tugas dan Fungsi Sales
Marketing
merupakan salah satu fungsi utama di antara fungsi-fungsi penting lainnya yang
ada dalam suatu perusahaan seperti : administrasi, pembukuan, pembelanjaan,
produksi dan personalia.
Sihite
menyebutkan bahwa Sale adalah : menawarkan sesuatu produk kepada konsumen,
sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan untuk menjadikan seseorang sebagai
customer atau langganan. Jadi arti sales di sini adalah penjualan.
Marketing
adalah pemasaran dan
apabila diterjemahkan adalah : “Usaha untuk memasyarakatkan hasil produksi
perusahaan melalui berbagai cara agar hasil produksi tersebut banyak diminati
oleh masyarakat luas”, (Sihite,1996:1)
Sedangkan
arti dari Department adalah : bagian. Jadi Sales &
Marketing Department adalah : “Bagian yang menangani penjualan dan pemasaran
dalam suatu perusahaan”. Dalam hal ini produk yang dijual adalah kamar hotel
beserta seluruh fasilitas dan pelayanannya.
Dalam
industri perhotelan bidang pemasaran ini boleh dikatakan masih merupakan suatu
hal yang relatif muda usianya bila dibandingkan dengan industri lainnya.
Bagian yang melaksanakan penjualan dan pemasaran
kemudian disebut Sales & Marketing Department. Definisi
yang lengkap dari manajemen yang terdapat dalam Sales & Marketing
Department, menurut Sihite (1996:2) adalah ; “Merupakan suatu fungsi yang
melaksanakan segala perencanaan, penugasan dan pengawasan terhadap kegiatan
penjualan daripada suatu perusahaan, dalam hal penerimaan tenaga penjual
(salesman), seleksi (recruiting), pengaturan latihan (training), pengarahan
(supervise), pengawasan (control), pembiayaan (cost), dan motivasi para
salesman”.
B. Pengertian Sales Person
B. Pengertian Sales Person
Seperti
telah diutarakan bahwa pengertian Sales secara sederhana adalah
penjualan. Dalam bukunya Sihite (1996:86) menyebutkan bahwa Sales adalah
Merchandise (Something to be sold) plus Service. Dalam buku yang sama juga
dijabarkan mengenai Salesmanship yaitu kecakapan seorang Sales dalam menjual
yang meliputi proses dalam penjualan yang dimulai dari langkah pertama sampai
dengan terlaksananya suatu penjualan. Jadi pengertian Sales Person atau
Salesman di sini adalah individu yang menawarkan suatu produk dalam suatu
proses penjualan.
Fungsi dari seorang sales adalah :
Fungsi dari seorang sales adalah :
- Untuk memotivasi calon pelanggan
agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu
membeli.
- Dapat mengarahkan sasaran mana dan
kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
- Dapat meyakinkan atas manfaat dan
kelebihan produk yang ditawarkan.
- Dapat meyakinkan calon pelanggan
yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan
pilihan.
Beberapa
hal yang harus dikuasai oleh tenaga penjual / Sales person adalah (1) product
knowledge, (2) price policy, (3) human relation.
1. Product
Knowledge (pengetahuan tentang produk)
Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
2. Price
Policy (kebijaksanaan harga jual)
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
3. Human
Relation.
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
Setelah
menguasai tiga hal penting diatas maka ada baiknya melakukan tahapan demi
tahapan dalam proses penjualan. Tahapan-tahapan tersebut adalah langkah-langkah
yang perlu diperhatikan oleh seorang Sales dalam melakukan proses penjualan
yang diharapkan berujung pada keberhasilan. Langkah-langkah tersebut adalah sbb
:
1.
Approach (pendekatan kepada prospek)
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang :
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang :
- Siapakah calon pembeli/konsumen ?
- Apakah kebutuhan/keinginannya ?
- Adakah kemungkinan perubahan
situasi atas kebutuhan maupun produk yang ditawarkan ?
- Siapkah kiat dengan
penolakan/keberatan.
2.
Presentation (penyajian)
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :
- Tata bahasa yang baik
- Courtesy / kesopanan
- Jelas / tepat, tidak berbelit-belit
- Memberikan ide, manfaat dan
kelebihan produk.
Satu hal lain yang tak
kalah pentingnya adalah First Impression atau kesan pertama kepada pelaku
penjualan yang positif akan membantu kelancaran proses penjualan.
3. Selling (menjual)
Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal Product Knowledge dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.
3. Selling (menjual)
Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal Product Knowledge dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.
4. Closing The Sale.
Suatu transaksi penjualan terjadi karena penjualan memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Tahapan ini merupakan keberhasilan seorang penjual mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dapat berupa : statement, order dan tanda terima pembayaran. Dalam jasa pelayanan wisata maka pembeli/konsumen akan menikmati produk wisata setelah terjadinya closing the sale.
5. After Sales Service
Kesempurnaan dari suatu penjualan yang berhasil adalah ditutup dengan Pelayanan Purna Jual. Kegiatan tersebut antara lain :
- Pemberian ucapan terima kasih
melalui surat, atas pembelian suatu produk atau jasa.
- Memberikan suatu kenang-kenangan (souvenir).
- Mengirim kartu ucapan pada
hari-hari besar atau ulang
tahun.
- Megadakan direct contact secara
regular.
C. Tugas-tugas Seorang Sales Person
Yang
akan diuraikan di sini adalah tugas-tugas dari seorang sales secara umum,
menurut Sihite (1996:78), yaitu :
- Melaksanakan kegiatan penjualan
melalui telepon terhadap target konsumen (perusahaan-perusahaan
perdagangan dan industri, kantor-kantor pemerintah, asosiasi perkumpulan
keagamaan, olahraga, sosial, konsulat) secara sistematik, serta melengkapi
laporan kegiatan untuk setiap hubungan yang dilakukan.
- Memelihara semua hasil analisis
penjualan yang telah dibuat.
- Atas persetujuan pimpinan, dalam
melaksanakan kerjasama dengan perwakilan perusahaan lain dalam memperoleh
peluang usaha, melakukan penjualan bersama, mendiskusikan strategi dan
sebagainya.
- Melakukan tindak lanjut pelayanan,
untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
- Melakukan tindak lanjut setiap
kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh peluang usaha pada saat
mendatang.
- Menghubungi humas setiap saat dan
memberikan bantuan apabila diperlukan, misalnya dalam memberikan
hadiah-hadiah promosi kepada para pelanggan.
- Melaksanankan kegiatan pemasaran lainnya
sesuai dengan tugas yang diberikan oleh manajer penjualan.
Purchasing adalah
suatu department yang dimana segala sesuatu pembelian, negosiasi harga,
pembuatan PO (purchase Order ), work permint, advent payment, IA/EA,dan
lainnya.
Purchasing merupakan bagian yang mempunyai tugas dan wewenang untuk menyediakan material untuk keperluan produksi.
Purchasing merupakan bagian yang mempunyai tugas dan wewenang untuk menyediakan material untuk keperluan produksi.
Tugas
dan Tanggung Jawab Purchasing Officer
·
Mencari dan menganalisa calon supplier
yang sesuai dengan material yang dibutuhkan
·
Melakukan negosiasi harga sesuai standar
kualitas material dan memastikan tanggal pengiriman material
·
Melakukan koordinasi dengan pihak
supplier mengenai kelengkapan dokumen
·
Pendukung material sesuai standar mutu yang
berlaku
·
Berkoordinasi dengan PPIC dan Gudang
tentang jadwal dan jumlah material yang akan diorder
·
Bersedia melakukan pembelian dilapangan
/ keluar kantor
·
Membuat laporan pembelian &
pengeluaran barang ( inventory,material dll )
·
Melakukan pengelolaan pengadaan barang
melalui perencanaan secara sistematis dan terkontrol ( FIFO atau ERP/ MRP
)
·
Melakukan pemilihan / seleksi rekanan
pengadaan sesuai kriteria perusahaan
·
Bekerjasama dengan departemen terkait
untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan
·
Memastikan kesedian barang/material
melalui mekanisme audit / control stock dll
Kualifikasi
Seorang Purchasing
Untuk
menjadi seorang Purchasing anda harus memenuhi standard beberapa kriteria
berikut,
1. Dapat
Melakukan Negosiasi yang baik
2. Memiliki
Pengalaman Pembelian modern market
3. Dapat
bekerja dengan cepat
4. Dapat
menggunakan Aplikasi Komputer, minimal Ms.Office (Excel, Word, Power
Point)
5. Mampu
bekerja secara individual & team
6. Komunikatif
7. Jujur
& Teliti
H.
Security
Department
Tugas
dan Tanggung Jawab
Berikut
ini merupakan tugas dan tanggung jawab sesuai masing-masing jabatan dalam
Security Department di hotel:
Chief
Security (Sec. Manager)
- Mengadministrasikan dan meninjau
operasi untuk memastikan lingkungan yang aman dan
aman bagi karyawan, tamu, dan lain-lain.
- Menyarankan manajemen dalam
meningkatkan dan melaksanakan kebijakan sesuai dengan keamanan dan
peraturan negara.
- Menganalisis data statistik dan
laporan untuk mengidentifikasi dan menentukan bagaimana membuat bangunan
dan lahan yang aman dan aman.
- Mengembangkan metode untuk
meningkatkan kebijakan keamanan, proses, dan praktik, dan merekomendasikan
perubahan manajemen.
- Persiapan langsung dan
pendistribusian informasi tertulis dan verbal untuk menginformasikan
manajer, karyawan dan lainnya kebijakan keamanan, prosedur dan praktek.
- Mengelola desain dan
pengembangan pelatihan khusus untuk membimbing petugas keamanan dan orang
lain melalui keputusan keamanan dan tindakan.
- Mewakili Hotel di pertemuan formal
dengan organisasi luar dalam hal-hal yang berhubungan dengan keamanan dan
layanan perlindungan.
Assistant
Security Manager
- Mengkoordinir, mengarahkan
dan melaporkan kegiatan sehari-hari dari staf Keamanan & Keselamatan
dalam perlindungan pengunjung, staf, pelanggan, dan properti saat tidak
adanya Security Manager.
- Mengelola Ruang Properti untuk item
yang hilang dan ditemukan dan mengawasi disposisi dari item yang tidak
diklaim.
- Assistant Security Manager membantu
dalam perencanaan, koordinasi, dan mengarahkan program keamanan dan
keselamatan untuk mencakup pencegahan kehilangan, parkir / kontrol lalu
lintas, patroli dari properti fisik, penegakan patung dan peraturan hotel,
inspeksi fasilitas, dan penyelidikan tindak pidana.
- Assistant Security Manager membantu
dalam pengembangan dan pelaksanaan prosedur keamanan dan keselamatan;
kepatuhan dijamin dengan keselamatan dan standar kesehatan, kebijakan dan
prosedur, dan negara yang berlaku.
- Melakukan tindak lanjut investigasi
laporan kegiatan kriminal dan pelanggaran standar keselamatan.
Security
Supervisor
- Mengawasi secara teratur karyawan
lain.
- Merencanakan jadwal kerja
- Mengajar dan memberlakukan
peraturan keselamatan di tempat kerja.
- Mendirikan prioritas keamanan
patroli.
- Membantu Asisten Manager Keamanan
dalam mengidentifikasi daerah berisiko tinggi dan tindakan dimulai
untuk mengurangi eksposur risiko.
- Melakukan semua tugas-tugas seorang
Security Guard.
- Ulasan pemanfaatan dan pemeliharaan
peralatan keamanan.
- Menyiapkan laporan harian dan
periodik untuk pejabat hotel mengenai kegiatan.
- Mengambil tindakan yang telah
ditentukan dan diberikan pertolongan pertama dalam kondisi darurat seperti
kecelakaan, kebakaran dan penyakit.
- Membantu dalam pengembangan
kebijakan keamanan dan prosedur.
- Berkomunikasi dengan pengguna
layanan tentang kebutuhan keamanan dan masalah.
- Memelihara dan merekomendasikan
perubahan dan perbaikan dalam sistem pencatatan perangkat lunak untuk
kegiatan petugas keamanan.
- Memerintahkan, memelihara dan
mengeluarkan pakaian dan peralatan.
Security
Guard
- Secara langsung bertugas memantau
dan mengatur keamanan hotel selama 24 jam secara bergantian dengan petugas
keamanan yang lain
- Melaporkan segala kejadian /
peristiwa yang terjadi di hotel ke security manager atau atasannya baik
itu kehilangan atapun penemuan barang milik tamu
- Berjaga di pos keamanan hotel dan
memantau serta membantu keluar masuknya kendaraan yang keluar masuk hotel
baik kendaraan milik tamu ataupun staf hotel demi keselamatan dalam
penyeberangan jalan
DAFTAR
PUSTAKA
2 komentar:
Aku minta maaf ya kak ali wardana udah ngatain kakak
Aku minta maaf ya kak ali wardana udah ngatain kakak
Posting Komentar