Selamat Datang di situs saya yang apa adanya ini
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengunjungi situs saya ini. Insya Allah, di situs ini anda akan banyak share , inovasi serta motivasi yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya dunia pembelajaran di PERHOTELAN. Situs ini saya persembahkan bagi para pendidik sekaligus juga untuk para pelajar yang ingin mengembangkan diri terutama dalam mengkreasi, menginovasi serta memotivasi diri anda baik . Disini anda dapat lebih memberdayakan potensi otak kanan sekaligus otak kiri sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT.
Kali ini admin mau share tugas tentang merancang dan menganalisis komunikasi pemasaran terintegrasi.
langsung saja tampa banyak bicara silahkan di simak.
MERANCANG
DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI
DISUSUN OLEH
KELOMPOK 6 KELAS III E
KELOMPOK 6 KELAS III E
ILHAM ABADI (16302177)
SARIF HIDAYATULLAH (16302178)
ALI WARDANA (16302179)
LALU JAELANI (16302180)
SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM
2017
2017
KATA PENGANATAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada
kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Kami
juga berterima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah membantu kami dalam
menyelesaikan makalah ini. Serta tidak
lupa kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi
dalam penyelesaian makalah ini. Atas dukungan semua pihak, kami mengucapkan
banyak terima kasih.
Semoga
makalah ini dapat membantu memperluas pengetahuan kita. Kritik dan saran sangat kami harapkan dari
pembaca untuk kesempurnaan makalah ini.
Mataram,17
Oktober 2017
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Peran komunikasi
pemasaran dalam pengelolaan sebuah perusahaan sangatlah penting. Terlebih lagi
dengan semakin maraknya persaingan bisnis disegala sektor usaha. Hal ini
membuat perusahaan wajib membina komunikasi dan hubungan dengan pelanggannya
supaya tetap dapat bertahan. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran tidak lagi
hanya menjadi beban pemikiran divisi pemasaran saja, melainkan menjadi tugas
dan tanggung jawab seluruh divisi. Bisa dikatakan, komunikasi pemasaran merupakan bagian dari solusi bisnis
dan bukan hanya solusi pemasaran belaka.
Mengacu pada
pemikiran diatas, penyusunan makalah ini hendak menguraikan secara ringkas dan
jelas, hal-hal mendasar yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan dan
mengelola sebuah program komunikasi pemasaran dalam perusahaan.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa
Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Pemasaran ?
2. Pentingnya Marketing Communication
Dalam Pemasaran ?
3. Tugas Marketing Komunikasi Pemasaran ?
4.
Memilih
Saluran Komunikasi ?
C.
Tujuan
1.
Dapat
Menjelaskan Pengertian Komunikasi Pemasaran.
2.
Dapat
Menjelaskan Pentingnya
Marketing Communication Dalam Pemasaran.
3.
Dapat
Menjelaskan Tugas
Marketing Komunikasi
Pemasaran.
4.
Dapat
Menjelaskan Memilih
Saluran Komunikasi.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
- Pengertian marketing communication
Marketing communication (komunikasi
pemasaran) adalah “Sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk
menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak
langsung tentang produk dan merek yang mereka jual”
Komunikasi pemasaran memiliki beberapa
fungsi antara lain :
1. Menganalisis mengapa pasar tidak
menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri dari
rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif
dapat mengubah keyakinan dan sikap.
2. Mencari cara-cara untuk
menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dasar dan minat orang.
3. Mengukur ukuran pasar potensial dan
mengembangkan barang dan jasa yang memuaskan permintaan tersebut secara
efektif.
4. Mengembalikan permintaan yang
merosot melalui pemasaran ulang yang kreatif.
5. Menemukan jalan untuk mengganti pola
permintaan melalui penetapan harga yang lentur, promosi dan insentif-insentif
lain.
6. Mempertahankan tingkat permintaan
guna menghadapi berubahnya pilihan konsumen dan meningkatnya persaingan.
7. Menuntut penemuan cara untuk
mengurangi permintaan secara sementara atau secara tetap.
8. Meminta orang yang menyukai sesuatu
supaya mau menghentikan permintaan, dengan menggunakan alat-alat kenaikan harga
dan pengurangan ketersediaan. (2000:7-8)
- Pentingnya Marketing Communication
Komunikasi
merupakan elemen yang sangat penting dalam pemasaran. tidak ada cara pemasaran yang
tidak menggunakan komunikasi karena pemasaran adalah komunikasi yang tercipta
antara produsen dengan konsumen.
- Tugas marketing pemasaran
Adapun tugas marketing dalam
pemasaran, antara lain :
1. Memberikan informasi mengenai suatu
produk
2. mengusulkan kegunaan produk
3. sebagai reminder, membentuk ingatan
kepada konsumen mengenai produk membangkitkan keinginan
konsumen terhadap suatu kategori produk
4. menciptakan kesadaran konsumen
terhadap merek (brand awareness)
5. mendorong sikap positif konsumen
terhadap produk, serta mempengaruhi niat mereka untuk membeli
6. memfasilitasi pembelian
- Promosi Penjualan
Perusahaan menggunakan alat promosi
penjualan untuk menarik respons pembeli yang lebih kuat dan lebih cepat,
termasuk efek jangka panjang seperti menjelaskan penawaran produk dan mendorong
penjualan yang menururn. Alat promosi penjualan menawarkan tiga manfaat
berbeda, yaitu:
1. Komunikasi
2. Insentif
3. Undangan
Sebagian
besar perusahaan mempunyai departemen hubungan masyarakat yang mengamati sikap
masyarakat di dalam organisasi serta mendistribusikan informasi dan komunikasi
untuk membangun itikad baik (goodwill).
Departemen
humas terbaik membimbing manajemen puncak untuk menerapkan program yang positif
dan menghilangkan praktik yang patut dipertanyakan sehingga publisitas negatif
tidak timbul. Mereka melaksanakan lima fungsi berikut:
1. Hubungan pers : Mempresentasikan
berita dan informasi tentang organisasi dalam pandangan yang paling positif .
2. Hubungan produk : Mensponsori usaha
untuk memublikasikan produk tertentu.
3. Komunikasi korporat : Mempromosikan
pemahaman organisasi melalui komunikasi internal dan eksternal.
4. Melobi : Bernegosiasi dengan pembuat
peraturan dan pejabat pemerintahuntuk mengajukan atau melonggarkan Undang-
Undang dan peraturan.
5. Konseling : Memberikan saran kepada
manajemen tentang maslah public, dan posisi perusahaan serta citra sepanjang
masa yang baik maupun buruk.
Terkadang
Humas harus menjadi ujung tombak usaha komunikasi pemasaran untuk membantu
ketika merk mendapat masalah.
Banyak perusahaan beralih ke
pemasaran hubungan masyarakat (Marketing Public Relations / MPR) Untuk
mendukung promosi dan pembentukan citra produk atau korporat. Marketing Public
Relations, seperti humas komunitas, melayani konstituensi khusus, departemen
pemasaran. Nama lama dari Marketing Public Relations adalah publisitas
(publicity) ,tugas mengamankan ruang editorial berlawanan dengan ruang berbayar
di media cetak atau siaran untuk mempromosikan atau “memuji” produk, jasa, ide,
tempat, orang, atau organisasi. Marketing Public Realations bukan sekedar
publisitas sederhana dan memainkan peran penting dalam tugas berikut:
1. Meluncurkan produk baru
2. Mereposisi produk yang dewasa/
matang
3. Membangun minat dalam kategori
produk
4. Memengaruhi kelompok sasaran
tertentu
5. Membangun citra korporat dengan cara
mencerminkan kesukaan dalam produknya.
Adapun
tujuan-tujuan humas, sebagai berikut
1. Menciptakan atau mempertahankan
citra perusahaan
2. Membangun citra perusahaan
3. Memperkenalkan identitas perusahaan
4. Mengakrabkan nama perusahaan
5. Menonjolkan keramah tamahan
6. Merangsang minat para wartawan untuk
dating meliput
Dari
tujuan – tujuan humas diatas, perlu kita sadari bahwa tujuan tersebut semata –
mata untuk memperlancar proses pemasaran, sehingga dalam pemasaran terdapat
pula tujuan-tujuan pemasaran, antara lain :
1. Memposisikan sebuah produk
3. Melancarkan suatu perubahan didalam kebijakan
pemasaran perusahaan
4. Meluncurkan suatu produk baru
5. Merangsang para konsumen menggunakan
suatu produk.
- Komunikasi Pemasaran Melalui Internet
Penggunaan internet dalam komunikasi
pemasaran cukup mendapat perhatian, adapun cara dan modelnya juga bervariasi,
mulai dari perancangan web profile, web untuk product service, model pemasaran
referall ,model pemasaran komunitas melalui situs jejaring sosial dan lain-
lain. Semua model tersebut juga didukung oleh visual dan pengaturan porsi
informasi yang ditampilkan.
Komunikasi Pemasaran juga dilakukan
melalui Website. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan
halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data
animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat
statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling
terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman
(hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang
berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat
dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya
interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website
statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah
seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis
hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa
diupdate oleh pengguna maupun pemilik.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Merancang
dan mengelola komunikasi pemasaran terintegrasi merupakan suatu perantara
dimana perusahaan menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, secara
langsung atau tidak langsung, mengenai produk dan merek yang mereka jual.
Manfaat
dari promosi penjualan itu ada tiga hal yaitu:
1.
Komunikasi
2.
Insentif
3. Undangan
B. SARAN
Dalam
pembuatan makalah ini penulis jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, untuk
penyempurnaan makalah ini kritik dan saran dari rekan – rekan mahasiswa maupun
Dosen Pembina yang bersifat membangun sangatlah diharapkan.
DAFTAR PUSTAKA
Untuk lebih lengkapnya silahkan download di sinihttps://drive.google.com/drive/u/0/folders/1UZRcZ_vAcY_4vN88Sig_UfyrUOR555vK
0 komentar:
Posting Komentar