SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM ( STPM ) THE BEST CAMPUS

6 komentar
   Hallo guys💃💃💃 ,Selamat /pagi/siang/sore/malam,selamat datang di website admin yang sederhana ini.Bagi anda  yang masih penasaran sama kampus yang belakangan ini sering disebut STPM atau STP Mataram, kita sama-sama simak yuk.. Apa sih sebenernya STPM itu???

Berikut ini adalah ulasan tentang SEKOLAH TINGGI PARIWISATA (STPM) Langsung saja kita ke TKP.






   Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram atau yang disingkat STP Mataram resmi merupakan Sekolah Tinggi Pariwisata pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB) berdasarkan SK Kemenristek Dikti Nomor : 416/KPT/I/2017.

   Tanggal 26 Juli 2017. STP Mataram merupakan perubahan bentuk dari Akademi Pariwisata (Akpar) Mataram yang telah eksis dan berkembang di NTB selama 21 Tahun Perjalananya Tersebut, semua program studinya telah memperoleh akreditasi B. ?Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram bernaung dibawah yayasan Kertya Wisata Mataram. Yayasan ini memiliki komitmen kuat dengan pengalaman luas dalam rentang waktu yang panjang mengelola pendidikan pariwisata NTB. Selain mengelola Akpar Mataram selama 21 tahun, sebelumnya yayasan ini mengelola Vocational Training (Voctra: program 3 bulan, 6 bulan, 1 Tahun) dengan nama P4B cabang Mataram selama 10 tahun sejak tahun 1986. Bahkan yayasan ini tercatat sebagai yayasan pertama di NTB yang berkontribusi Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata untuk mengisi hotel-hotel sejak dibukanya Kawasan Wisata Sengigi.

Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
MotoSmart and Digital Campus
Didirikan16 january 1997 Sebagai AKPAR Mataram, Perubahan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram 26 Juli 2017
JenisSekolah Tinggi Pariwisata
LokasiJalan Panji Tilar Negara 99x Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela MataramMataramNusa Tenggara BaratIndonesia

Program StudiSunting



terdapat 3 program studi yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram. Program studinya antara lain S-1 Pariwisata, D-3 Perhotelan, dan D-3 Perjalanan Wisata.

S-1 PariwisataSunting

Program studi S-1 Pariwisata merupakan Program Studi Sarjana Pariwisata di NTB. program studi S-1 Pariwisata memiliki 4 kosentrasi yaitu,
  1. Decision Maker Industry Pariwisata.
  2. Penelitian Bidang Kepariwisataan.
  3. Comunitty Leader Product Pariwisata.
  4. Consultant Priwisata.

D-3 PerhotelanSunting

Program studi D-3 Perhotelan dengan Akreditasi B mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan industri pariwisata di NTB, D-3 Perhotelan memiliki kosentrasi.
  1. Front Office.
  2. Room Division.
  3. Food & Product Division.
  4. Culinary & Pastry.
  5. Bar & Restaurant.
  6. Cruise Line

D-3 Perjalanan WisataSunting

Program studi D-3 Perjalanan Wisata dengan Akreditasi B mencetak sumber daya manusia (SDM) dalam kegiatan kepariwisatan di NTB, D-3 Perhotelan memiliki kosentrasi.
  1. Guiding
  2. Ticketing
  3. Tour Planning
  4. MICE


Pusdiklat Tyatama MataramSunting

Yayasan kertya wisata sebagai pengelola Sekolah tinggi Pariwisata Mataram juga membina pusat pendidikan dan latihan Pariwisata (Pusdiklat Tyatama) Mataram. Pusdiklat Tyatama Mataram memiliki Program 1000 jam setara (D-1) (akreditasi Tebaik), Program studi yang dimiliki Pusdiklat Tyatama yaitu.
  1. Perhotelan
  2. Perjalanan Wisata
  3. Language for Tourism

Berikut ini adalah galeri photo mahasiswa STPM (PERHOTELAN/III/D).❤❤❤❤❤💪









BAR & Restaoran


 Bagi kalian yang masih binggung mau kemana pada tanggal 30 yuk join food Bazaar kami.Bagi kakak-kakak dan adek-adek yang tertarik bisa order langsung ke admin.
No.085339328903

Sekian postingan dari admin kurang dan lebihnya mohon maaf


silahkan untuk kritik dan saranya  ketik di kolom komentar!!!!!!
😉😉😉😉😉😉
Read more...

makalah merancang dan mengelola komunikasi pemasaran terintegritas by Ali

0 komentar
 Selamat Datang di situs saya yang apa adanya ini 
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengunjungi situs saya ini. Insya Allah, di situs ini anda akan banyak share , inovasi serta motivasi yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya dunia pembelajaran di PERHOTELAN. Situs ini saya persembahkan bagi para pendidik sekaligus juga untuk para pelajar yang ingin mengembangkan diri terutama dalam mengkreasi, menginovasi serta memotivasi diri anda baik . Disini anda dapat lebih memberdayakan potensi otak kanan sekaligus otak kiri sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT.

   Kali ini admin mau share tugas tentang merancang dan menganalisis komunikasi pemasaran terintegrasi.
langsung saja tampa banyak bicara silahkan di simak.


MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI







DISUSUN OLEH
KELOMPOK 6 KELAS III E

ILHAM ABADI (16302177)
SARIF HIDAYATULLAH (16302178)
ALI WARDANA (16302179)
LALU JAELANI (16302180)


SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM
2017


KATA PENGANATAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Kami juga berterima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.  Serta tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Atas dukungan semua pihak, kami mengucapkan banyak terima kasih.
Semoga makalah ini dapat membantu memperluas pengetahuan kita.  Kritik dan saran sangat kami harapkan dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini.



Mataram,17 Oktober 2017

                                                                                                                              Penyusun









BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Peran komunikasi pemasaran dalam pengelolaan sebuah perusahaan sangatlah penting. Terlebih lagi dengan semakin maraknya persaingan bisnis disegala sektor usaha. Hal ini membuat perusahaan wajib membina komunikasi dan hubungan dengan pelanggannya supaya tetap dapat bertahan. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran tidak lagi hanya menjadi beban pemikiran divisi pemasaran saja, melainkan menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh divisi. Bisa dikatakan, komunikasi  pemasaran merupakan bagian dari solusi bisnis dan bukan hanya solusi pemasaran belaka.
Mengacu pada pemikiran diatas, penyusunan makalah ini hendak menguraikan secara ringkas dan jelas, hal-hal mendasar yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan dan mengelola sebuah program komunikasi pemasaran dalam perusahaan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Pemasaran ?
2.      Pentingnya Marketing Communication Dalam Pemasaran ?
3.      Tugas Marketing Komunikasi Pemasaran ?
4.      Memilih Saluran Komunikasi ?
C.     Tujuan
1.        Dapat Menjelaskan Pengertian Komunikasi Pemasaran.
2.        Dapat Menjelaskan Pentingnya Marketing Communication Dalam Pemasaran.
3.        Dapat Menjelaskan Tugas Marketing Komunikasi Pemasaran.
4.        Dapat Menjelaskan Memilih Saluran Komunikasi.




BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian marketing communication
Marketing communication (komunikasi pemasaran) adalah “Sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual”
Komunikasi pemasaran memiliki beberapa fungsi antara lain :
1.    Menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri dari rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif dapat mengubah keyakinan dan sikap.
2.    Mencari cara-cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dasar dan minat orang.
3.    Mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang memuaskan permintaan tersebut secara efektif.
4.    Mengembalikan permintaan yang merosot melalui pemasaran ulang yang kreatif.
5.    Menemukan jalan untuk mengganti pola permintaan melalui penetapan harga yang lentur, promosi dan insentif-insentif lain.
6.    Mempertahankan tingkat permintaan guna menghadapi berubahnya pilihan konsumen dan meningkatnya persaingan.
7.    Menuntut penemuan cara untuk mengurangi permintaan secara sementara atau secara tetap.
8.    Meminta orang yang menyukai sesuatu supaya mau menghentikan permintaan, dengan menggunakan alat-alat kenaikan harga dan pengurangan ketersediaan. (2000:7-8)




  1. Pentingnya Marketing Communication
Komunikasi merupakan elemen yang sangat penting dalam pemasaran. tidak ada cara pemasaran yang tidak menggunakan komunikasi karena pemasaran adalah komunikasi yang tercipta antara produsen dengan konsumen.
  1. Tugas marketing pemasaran
Adapun tugas marketing dalam pemasaran, antara lain :
1.    Memberikan informasi mengenai suatu produk
2.    mengusulkan kegunaan produk
3.    sebagai reminder, membentuk ingatan kepada konsumen mengenai produk membangkitkan keinginan konsumen terhadap suatu kategori produk
4.    menciptakan kesadaran konsumen terhadap merek (brand awareness)
5.    mendorong sikap positif konsumen terhadap produk, serta mempengaruhi niat mereka untuk membeli
6.    memfasilitasi pembelian
  1. Promosi Penjualan
Perusahaan menggunakan alat promosi penjualan untuk menarik respons pembeli yang lebih kuat dan lebih cepat, termasuk efek jangka panjang seperti menjelaskan penawaran produk dan mendorong penjualan yang menururn. Alat promosi penjualan menawarkan tiga manfaat berbeda, yaitu:
1.  Komunikasi
2.  Insentif
3.  Undangan
Sebagian besar perusahaan mempunyai departemen hubungan masyarakat yang mengamati sikap masyarakat di dalam organisasi serta mendistribusikan informasi dan komunikasi untuk membangun itikad baik (goodwill).
Departemen humas terbaik membimbing manajemen puncak untuk menerapkan program yang positif dan menghilangkan praktik yang patut dipertanyakan sehingga publisitas negatif tidak timbul. Mereka melaksanakan lima fungsi berikut:

1.    Hubungan pers : Mempresentasikan berita dan informasi tentang organisasi dalam pandangan yang paling positif .
2.    Hubungan produk : Mensponsori usaha untuk memublikasikan produk tertentu.
3.    Komunikasi korporat : Mempromosikan pemahaman organisasi melalui komunikasi internal dan eksternal.
4.    Melobi : Bernegosiasi dengan pembuat peraturan dan pejabat pemerintahuntuk mengajukan atau melonggarkan Undang- Undang dan peraturan.
5.    Konseling : Memberikan saran kepada manajemen tentang maslah public, dan posisi perusahaan serta citra sepanjang masa yang baik maupun buruk.
Terkadang Humas harus menjadi ujung tombak usaha komunikasi pemasaran untuk membantu ketika merk mendapat masalah.
Banyak perusahaan beralih ke pemasaran hubungan masyarakat (Marketing Public Relations / MPR) Untuk mendukung promosi dan pembentukan citra produk atau korporat. Marketing Public Relations, seperti humas komunitas, melayani konstituensi khusus, departemen pemasaran. Nama lama dari Marketing Public Relations adalah publisitas (publicity) ,tugas mengamankan ruang editorial berlawanan dengan ruang berbayar di media cetak atau siaran untuk mempromosikan atau “memuji” produk, jasa, ide, tempat, orang, atau organisasi. Marketing Public Realations bukan sekedar publisitas sederhana dan memainkan peran penting dalam tugas berikut:
1.    Meluncurkan produk baru
2.    Mereposisi produk yang dewasa/ matang
3.    Membangun minat dalam kategori produk
4.    Memengaruhi kelompok sasaran tertentu
5.    Membangun citra korporat dengan cara mencerminkan kesukaan dalam produknya.
            Adapun tujuan-tujuan humas, sebagai berikut
1.    Menciptakan atau mempertahankan citra perusahaan
2.    Membangun citra perusahaan
3.    Memperkenalkan identitas perusahaan
4.    Mengakrabkan nama perusahaan
5.    Menonjolkan keramah tamahan
6.    Merangsang minat para wartawan untuk dating meliput
Dari tujuan – tujuan humas diatas, perlu kita sadari bahwa tujuan tersebut semata – mata untuk memperlancar proses pemasaran, sehingga dalam pemasaran terdapat pula tujuan-tujuan pemasaran, antara lain :
1.    Memposisikan sebuah produk
2.    Mendukung operasi para agen penyalur
3.    Melancarkan suatu perubahan didalam kebijakan pemasaran perusahaan
4.    Meluncurkan suatu produk baru
5.    Merangsang para konsumen menggunakan suatu produk.
  1. Komunikasi Pemasaran Melalui Internet
Penggunaan internet dalam komunikasi pemasaran cukup mendapat perhatian, adapun cara dan modelnya juga bervariasi, mulai dari perancangan web profile, web untuk product service, model pemasaran referall ,model pemasaran komunitas melalui situs jejaring sosial dan lain- lain. Semua model tersebut juga didukung oleh visual dan pengaturan porsi informasi yang ditampilkan.
Komunikasi Pemasaran juga dilakukan melalui Website. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.


BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Merancang dan mengelola komunikasi pemasaran terintegrasi merupakan suatu perantara dimana perusahaan menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, secara langsung atau tidak langsung, mengenai produk dan merek yang mereka jual.
Manfaat dari promosi penjualan itu ada tiga hal yaitu:
1.      Komunikasi
2.      Insentif
3.      Undangan
B. SARAN
            Dalam pembuatan makalah ini penulis jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, untuk penyempurnaan makalah ini kritik dan saran dari rekan – rekan mahasiswa maupun Dosen Pembina yang bersifat membangun sangatlah diharapkan.

DAFTAR PUSTAKA






Read more...
 
BINTANG_ANJANI © 2017