GALLERY PERKULIAHAN KU

0 komentar
PHOTO PHOTO PERKULIHAN 

Kumpul kumpul di rumah temen

photo dalam kelas

presentasi mata kuliah

aktivitas nunngu dosen
Bar & restauran
team presentasi
praktir bar

si tukang selfi




Read more...

TUGAS DAN TANGUNG JAWAB MASING-MASING DEPERTEMEN DI HOTEL create by Ali

2 komentar
   Selamat Datang di situs saya yang apa adanya ini 
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengunjungi situs saya ini. Insya Allah, di situs ini anda akan banyak share , inovasi serta motivasi yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya dunia pembelajaran di PERHOTELAN. Situs ini saya persembahkan bagi para pendidik sekaligus juga untuk para pelajar yang ingin mengembangkan diri terutama dalam mengkreasi, menginovasi serta memotivasi diri anda baik . Disini anda dapat lebih memberdayakan potensi otak kanan sekaligus otak kiri sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT.
    Langsung saja kita ke temanya "TUGAS DAN TANGUNG JAWAB MASING-MASING DEPERTEMEN DI HOTEL"  sebagai berikut ,semoga ada manfaat buat kita semua .



TUGAS DAN TANGUNG JAWAB MASING-MASING DEPERTEMEN DI HOTEL



O
L
E
H
PERHOTELAN V/III/E
ALI WARDANA



Read more...

MAKALAH ROOM STATUS AND CASE ( STATUS KAMAR DAN KASUSNYA) By Ali

1 komentar
MAKALAH ROOM STATUS AND CASE




O
L
E
H
  1.  ALI WARDANA
  2.  LALU DIRAN KAWIRIAN
  3. MUHAMMAD RIZALDY
  4. DONI ARGIAN OKTA

SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM
DIII PERHOTELAN
2017/2018






KATA PENGANATAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Kami juga berterima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.  Serta tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Atas dukungan semua pihak, kami mengucapkan banyak terima kasih.
Semoga makalah ini dapat membantu memperluas pengetahuan kita.  Kritik dan saran sangat kami harapkan dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini.



Mataram,03 Oktober 2017

                                                                                                  Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang
Hotel adalah bangunan megah dan mahal,padahal tidak semua demikian ada banyak hotel yang murah dan terjangkau. Hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa perancis kuno yang artinya penampungan buat pendatang atau bisa juga ”bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Hotel harus mampu memberikan pelayanan secara maksimal dan memuaskan kepada tamu. Dari berbagai pendapat mengenai hotel dapat disimpulkan,hotel adalah badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum dengan fasilitas jasa penginapan,penyediaan makanan dan minuman, jasa layanan kamar serta jasa pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan bagi mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki di hotel itu.
Dalam hotel tentu banyak department yang mendukung segala kegiatan yang ada didalamnya , adapun department tersebut yaitu kantor depan ,food and baverage, HK department,engineering department ,HRD, accounting department semua bagian itu sesuai dengan besar kecilnya hotel tersebut ,seluruh department ini saling mendukung dan berhubungan satu sama lain. Dari seluruh department ini tentunya memiliki fungsi kerjanya masing-masing ,namun dari berbagai department itu yang banyak memiliki peranan penting adalah house keeping department.
Housekeeping Departement adalah salah satu departement yang berada disuatu hotel yang mengutamakan kelengkapan, kebersihan kamar, keselamatan, kelestarian lingkungan di areal hotel, baik operasional maupun administrasinya. House keeping department dapat diartikan sebagai suatu department yang berdiri sendiri dan memiliki tugas dan peranan sangat penting dalam sebuah hotel,yang bertugas menjaga kebersihan keseluruhan hotel. House keeping department terdiri dari seksi-seksi. Pada setiap seksi mengemban tugas dan fungsi masing-masing. Dalam melaksanakan tugasnya,seksi yang ada harus saling menjalin kerjasama yang sehat maka akan dapat tercipta suasana kerja yang dinamis dan kondusif. Seksi-seksi department house keeping yaitu room section,public area,laundry,florist,gardener,linen and uniform. Di setiap section tentunya memiliki bahan-bahan pembersih sendiri untuk melakukan setiap tugas dari setiap section yang ada di house keeping. Bahan pembersih ini tentunya sangat memiliki peran yang sangat penting bagi petugas house keeping dalam membantu dan memudahkan setiap pekerjaan petugas house keeping.
1.2.             Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan untuk dijadikan Rumusan Masalah sebagai berikut :
1.      Apa Yang Dimaksud Dengan Status Kamar?
2.      Apa Saja Status Kamar?
3.      Masalah- Masalah Dalam Housekeeping?
4.      Solusi Menagani Masalah  Di House Keeping?
1.3.            Tujuan Masalah
Didalam membuat sebuah makalah, tentunya terdapat tujuannya. Adapun tujuan masalah dari makalah ini antara lain :
1.      Untuk mengetahui pengertian status kamar.
2.      Untuk mengetahui apa saja status kamar yang  gunakan di housekeeping.
3.      Untuk mengetahui masalah-masalah dalam housekeeping
4.      untuk megetahui solusi untuk menangani masalah di  housekeeping.

BAB II
PEMBAHASAN

ROOM STATUS THEORY AND CASE
A.      ROOM STATUS THEORY
            Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.

            Status Kamar Kondisi atau keadaan kamar itu ditulis dengan kode atau simbol, yang umumnya hampir sama untuk semua hotel.

Status kamar diantaranya sebagai berikut:
1.       O = (Occupied),berarti kamar di tempati oleh tamu,karena sudah terdaftar resmi di hotel.Biasanya jumlah tamu jumlah tamu  yang menginap di dalam kamar di tulis,misalnya 01,02 dan seterusnya (agus anwar 2000,68,Agustina Darsono,1995:38).Bila satu kamar di tempati oleh lebih dari dua orang,yang berarti melebihi kapasitas kamar,maka mereka akan diminta untuk mengunakan extra bed (Rumekso,2002;34)

Adapun ciri-cirinya kamar occupied adalah :
a.       Ada barang-barang milik tamu di dalam kamar
b.      Bed tampak bekas pakai,kondisi tidak rapi.
c.       Kamar dalam keadaan kotor
d.      Bath room tampak habis pakai
e.       Linen supplies (lena)dan guest supplies sudah di pakai
2.      V=(Vacant) yang berarti kamar dalam keadaan kosong,tidak di tempati oleh tamu,tetapi ready for sold (siap untuk di sewakan).
Ciri-cirinya  ialah:
a.       Tidak di huni oleh tamu
b.      Tidak ada barang milik tamu di dalam kamar
c.       Kamar dalam keadaan bersih,rapi
d.      Bed tidak di pakai
e.       Kamar mandi tidak di pakai
f.       Linen supplies dan guet supplies masih utuh ,tidak di pakai oleh tamu.
g.      Yang paling penting adalah fasilitas kamar dalam keadaan  lengkap
h.      Semua perlengkapan di dalam kamar dalam kondisi siap pakai dan tidak ada kerusakan dalam kamar tersebut.

3.      DD=(Don’t Distrube),berarti tamu tidak mau kamarnya di ganngu .
Bila tamu berada di dalam kamar,kemungkinan-kemungkinanya adalah:
a.       Tamu dalam keadaan sakit,tidak enak badan ataupun kecapaian
b.      Tamu yang menghuni adalah’’honey mooner’’ tamu yang sedang menikmati bulan madu sehingga tidak mau di ganggu
c.       Ataupun tamu tersebut sedang melakukan kegiatan-kegiatn yang sifatnya sangat pribadi .Billa tamu berada di luar kamar(keluar hotel) kemungkinan ialah:
a)      Di dalam kamar terdapat barang-barang yang sanggat berharga atau barang –barang yang bersipat pribadi yang tidak boleh di ketahui orang lain
b)      Ada kertas-kertas kerja (makalah) bagi tamu-tamu peserta rapat,seminar,lokakarya dan lain-lain ,di mana berkas-berkas tersebut todak boleh di ketahuimoleh orang lain dan tidak boleh di ubah-ubah posisi dan letaknya.

4.      DL=(Double Locked) berarti pintu di kunci dua kali, bila di dapati pintu kamar tersebut ,berarti pintu tersbut tidak apat di buka dengan master key yang di bawa oleh roomboy maupun master key yang di pakai oleh floor supervisor.Kamar tersebut hanya dapat di buka mengunakan EMK (Emergency Master Key) yang biasa di simpan/di pegang oleh FOM (front office Manager).
5.      CI=(Check In) artinya kamar baru saja di tempati oleh tamu,atau tamu baru saja masuk dan menempati kamar tersebut.
ciri-cirinya daripada kamar CI ialah:
a.       Bed belum di pakai,mungkin masih tertutup bed cover.
b.      Kamar masih dalam keadaan bersih dan rapi.Apabilla kotor paling-paling hanya putung rokok,batang korek api,atau beberapa helay sampah kertas saja.
c.       Bath Room (Kamar Mandi)belum pakai.Bila sudah di pakai ,paling hanya wash basin  saja untuk mencuci tanggan atau mencuci muka,sedang handuk (towel) yang terpakai biasanya hand towel (handuk tangan) ataupun face towel (handuk untuk menyeka muka).
d.      Guest supplies dan linen supplies belum banyak terpakai.
e.       Ada barang-barang tamu di dalam kamr tersebut yang kadang masih tertutup rapi.
6.      ON=(Occupied No Laggage) ialah kamar yang di huni oleh tamu, tetapi tidak membawa barang-barang atau kadang-kadang di pakai istilah light luggage yang artinya tamu hanya membawa barang (tas)kecil dan ringan ,misalnya hand bag atau tas tangan saja.Bila di dapati kamar demikian,Room Boy harus segera lapopr ke atasan langsung (supervisor) agar supervisior melakukan koordinasi degan depertemen lain yang terkait,misalnya dengan security(satpam/pihak keamanan hotel)agar ikut memantu kamar tersebut.
Kamar ON ,ciri-cirinya;
a.       Kamar sudah terpakai,baik kamr tidur maupun kamar mandi.
b.      Linen supplies dan guest supplies sudah terpaki.
c.       Kamr dalam keadaan tidak rapi.
d.      Hanya ada satu atau dua pasang pakaian saja di dalam alamri pakaian (ward robe).
e.       Di dalam kamr ada tas kecil saja,misalnya hand bag,tidak ada koper.
7.      SO=(Sleep Out),ialah tamu tidur di luar,maksudnya ialah tamu yang menyewa kamar hotel,tetapi tidur di luar hotel.Hal ini bias terjadi karena mungkin tamu mempunyai family,saudara,teman, orang tua,keluarga dan kemungkinan pacar di tempat hotel berada,sehingga walaupun tamu tersebut menyewa kamar hotel,tetapi tidak di tempati.Hanya biasanya barang-barang tamu tetap berda di dalam hotel dan kamar tersebut tidak boleh di jual ataupun di tempati tamu lain.Dengan sendirinya,walaupun tidak di tempati,tamu tetap harus membayarnya.
Tanda-tanda bahwa kamr itu SO;
a.       Di dalam kamar ada barang-barang tamu dan biasanya dalam kondisi tertutu atau tertera rapi.
b.      Bed cover sudah di paki tetapi bed masih dalam kondisi rapi (belum di pakai).
c.       Kamar mandi sudah di pakai
d.      Tempat sampah (waste basket) baik di bad room maupun dai bath room berisi sampah,walapun tidak bayanyk.
8.      HU (House Used),kamar hotel  yang di tempati oleh stap hotel/pimpinan hotel.
Otomatis karena yang menempati kamar adalah pimpinan (manager) atapun stap hotel maka tidak di kenakan biaya apapun,atau dengan kata lain ‘’compliment’’.
9.      OO (Out Of Order),ialah kamar yang tidak dapat di pergunakan (tidak boleh di jual) kamar yang mempunyai kode OO biasanya kamar tersebut mengalami kerusakan yang tidak dapati perbaiki dengan segera,atau sedang dalam  proses perbaikan dan itu memerlukan waktu yang lama,misalnya membongkar diding kamar mandi,pengantian ceiling,repainting (pengecatan kembali),atau dapat juga sedang di lakukan general cleaning  pemberisan total yang di lakukan oleh Room Boy baik di dalam bed room,seperti shampooing carpet,Maupun di dalam bath room.Jelas karmar yang demikian tidak mungkin selesai dan siap pakai dalam waktu dua atau tiga hari.Oleh karena itu kamr tersebut perlu di OO saja.
10.  CO(ceck Out),yaitu kamar yang baru saja di tinggalkan oleh tamu .ciri-cirinya sebagai berikut:
a.       Tidak ada tamu di dalam kamr.
b.      Tidak ada barang-barang tamu di dalam kamar.
c.       Bed room dalam keadaan tidak rapi.
d.      Kamar dalam keadaan kotor.
e.       Bath room habis di pakai.
f.       Linen supplies dan guest supplies telah di pakai oleh tamu.
Bila di dapati kamar yang demikian,maka yang perlu di perhatikan ialah :
Ø  Adakah barang-barang milik hotel yang hilang,misalnya towel,baik bath towel,hand towel maupun face towel,atau barangkali remote control.
Ø  Adakah consume mini bar atau minuman di dalam kulkas yang di minum oleh tamu dan sudahkan terbayar di front office cashier.
Ø  Adakah barang-barang milik tamu yang ketingalan dalam kamar tersebut.bila di temukan barang tamu di dalam kamar CO segera hubungi front office,mungkin tamu masih berada di area loby/hotel,segera barang tersebut di berikan kepada pemiliknya tetapi jika tamu sudah berangkat maka barang tersebut di simpan di housekeeping office.
11.  EA (Expacted Arrival),ialah kamar yang sudah di pesan oleh tamu dan akan segera datang.Dapat  di bedakan menjadi EA-VIP,EA-group atapun EAI-individusl
            Kamar-kamar EA-VIP akan di lengkapi dengan dengan VIP treatment,seperti flower,VIP soap,Shaver,Comb,body parfume,coffe maker lengkap dengan tea, coffe and sugar fruit basket,welcome letter,Newspeper,di samping itu kondisi  kamar harus benar benar perfect,bersih ,rapi,lengkap.semua peralatan dalam kondisi siap pakai.
            EA-group berarti kamar-kamar yang akan segera di huni oleh tamu rombongan,biasanya lebih dari sepuluh kamar ini mempunyai tarip khusus,yaitu group rate.fasilitas dalam group dapat berubah sesuai dengan room rate.Jika room Rate tinggi,fasilitas kamar harus lengkap sesuai dengan standar kamar.Tetapi bila room rate rendah,fasilitas di dalam kamar dapat di kurangi,misalnya tanpa danta set,sandal ,hand towelmaupun face towel.

            EA-individu,kamar di persiapkan secara regular tidak perlu penambahan atau pengurangan fasilitas di dalamnya,kecuali ada permintaan khusus dari front office.

            Karena kamar EA akan segera di tempati oleh tamu maka harus mepunyai ciri-ciri seperti halnya pada kamar Vacant (Ready For Used).

12.  ED (expacted Deperture),berarti kamar yang akan segera di tinggalkan oleh tamu setelah menyelsaikan semua pembayaaran selama tinggal di hotel.

Ciri-cirinya adalah:
a.       Bed sudah di paka,demikian juga kamar mandi.
b.      Linen supplies dan guest supliest sudah di pakai.
c.       Masih ada barang milik tamu tetapi sudah di kemasi.
13.  VC (VACANT CLEAN), Ialah kamar kosong yang sudah dibersihkan, belum siap dijual karena masih ada beberapa perlengkapan yang blm lengkap.
Ciri-cirinya  ialah:
a)      Tidak di huni oleh tamu
b)      Tidak ada barang milik tamu di dalam kamar
c)      Kamar dalam keadaan bersih,rapi
d)     Bed tidak di pakai
e)      Kamar mandi tidak di pakai
f)       Linen supplies dan guet supplies masih utuh ,tidak di pakai oleh tamu.
g)      Yang paling penting adalah fasilitas kamar dalam keadaan kurang lengkap
h)      Semua perlengkapan di dalam kamar dalam kondisi siap pakai dan tidak ada kerusakan dalam kamar tersebut.
14.  VD (VACANT DIRTY), Ialah kamar kotor yang belum siap dijual.
Ciri-cirinya  ialah:
a)      Tidak di huni oleh tamu
b)      Tidak ada barang milik tamu di dalam kamar
c)      Kamar dalam keadaan kotor
d)     Bed tidak di pakai
e)      Kamar mandi tidak di pakai
f)       Linen supplies dan guet supplies dalam keadaan kotor , sudah selesai  di pakai oleh tamu.
g)      Yang paling penting adalah fasilitas kamar dalam keadaan kurang lengkap
h)      Semua perlengkapan di dalam kamar dalam kondisi tidak ready
15.  VR (VACANT READY),Ialah kamar kosong yang sudah dibersihkan dan  ready untuk dijual/dihuni.
Ciri-cirinya  ialah:
a)      Tidak di huni oleh tamu
b)      Tidak ada barang milik tamu di dalam kamar
c)      Kamar dalam keadaan bersih,rapi
d)     Bed tidak di pakai
e)      Kamar mandi tidak di pakai
f)       Linen supplies dan guet supplies masih utuh ,tidak di pakai oleh tamu.
g)      Yang paling penting adalah fasilitas kamar dalam keadaan  lengkap
h)      Semua perlengkapan di dalam kamar dalam kondisi siap pakai dan tidak ada kerusakan dalam kamar tersebut.
16.  COMPLIMENTARY: ialah kamar yang telah di huni oleh tamu tapi tamu tersebut tidak membayar atau geratis.
Ciri-cirinya ialah :
a.       Dihuni oleh tamu/staff
b.      Ada barang milik tamu/staff
c.       Ada barang-barang milik tamu di dalam kamar
d.      Bed tampak bekas pakai,kondisi tidak rapi.
e.       Kamar dalam keadaan kotor
f.       Bath room tampak habis pakai
g.      Linen supplies (lena)dan guest supplies sudah di pakai
17.  WI (WALKING GUEST) Ialah tamu yang masuk (register) ke hotel tanpa pemesanan kamar.
18.  DI (DAY USE) Ialah tamu yang masuk chec-in pada hari itu dan check-out pada hari itu.
19.  OS (OUT OF SERVICE) Ialah kamar yang dalam keaddan kosong dan dalam perbaikan V/M
20.  VM (VACANT MAINTENANCE) Ialah kamar dalam perbaikan
21.  HU (HOUSE USE) Kamar yang dihuni oleh staff hotel atau disebut juga RE
22.  RE (RESIDENT OF EMPLOYEE) Ialah kamar yang ditempati oleh staff
23.  EB (EXTRA BED) Tempat tidur tambahan
24.  BC (BABY COT) Ialah tempat tidur untuk bayi
25.  SR (SERVICE REFUCED) Kamar yang akan dibersihkan oleh room attendant tapi ditolak tamu.



















BAB III
MASALAH-MASALAH DALAM HOUSEKEEPING
1.      Aroma tidak sedap pada kamar mandi
Cara mengatasinya :
a.       Pastinya tamu complain, mendapat respon dari room boy/room maid.
b.      Apabila masalah tersebut bisak ita atasi tidak perlu mengkonfirmasikan kepada atasan.
c.       Dalam penanganan kasus ini, room boy/room maid harus sesegera mungkin mengatasi atau mencari solusi untuk menghilangkan aroma tersebut.
d.      Saat tamu marah atas ketidak nyamanan tersebut, room boy harus bersikao ramah dan pandangan tetap ketamu tidak boleh menoleh kemana-mana, tujuannya agar tamu merasa dihargai.
e.       Katakanlah anda akan sesegera mungkin membersihkan kamar mandi tersebut.
f.       Katakanalah juga apabila tidak merasa puas dalam pelayanan kitauntuk menginformasikan kepada kita agar kita bias memperbaiki diri dan juga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan.
2.      Melayani pinjaman barang yang akan dipinjam oleh tamu:
a.       Pertama tamu menginformasikan kepada room boy/room maid
b.      Mengecek ketersediaan barang yang akan dipinjam
c.       (jika tersedia) segera informasikan kepada tamu dan menuliskan ke formulir pinjaman.
d.      Letakkan dimana semestinya dan jelaskan cara menggunakan alat tersebut serta charge apabila barang tersebut hilang ataupun rusak.
e.       Dan katakanlah kepada tamuapabila memerlukan sesuatu hal lagi untuk menghubungi kita kembali.




3.      Masalah ‘BEDBUGS’ kutu busuk
a.       Mengadakan inspeksi atau pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kamar tidur tamu yang telah terkena serangga bedbug. Hal pertama yang harus diperiksa adalah
1.      Mattres : merupakan tempat favorit yang menjadi persembunyian bedbug.
2.      Furniture : bedbug senang bersembunyi di furniture yang memiliki jok seperti sofa atau kursi, jika anda menemukan jejak bedbug ini, pastikan untuk mengasumsikan yang terburuk, karena jika sudah terlihat, ada kemungkinan bedbug ini telah menyebar kesemua ruangan.
3.      Apabila ditemukan adanya bedbug disuatu kamar atau tempat tidur dan furniture lainnya, maka barang-barang tersebut harus segera diisolasi atau dikeluarkan.
4.      Tepi karpet : hal ini cukup umum untuk bedbug untuk merayap disepanjangsudut karpet dikamar.
Mengatasi penyebaran bedbug :
1.      Melakukan pengawasan terhadap barang yang dibawa oleh wisatawan dari daerah asal saat masuk ke hotel atau tempat-tempat sejenisnya (kerjasama antara wisatawan dengan pihak hotel).
2.      Gunakan insektisida untuk mencegah penyebaran yang lebih cepat dan luas.




BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
            Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Dan di dalam housekeeping ada beberapa Status Kamar  yang sering di gunakan .dan apa itu status kamar status kamar adalah  Kondisi atau keadaan kamar itu ditulis dengan kode atau symbol yang mempunyai makna yang berbeda-beda.


DAFTAR PUSTAKA
Rumekeso,2009.Housekeeping Hotel Floor Section,Yogyakarta;C.V ANDI OFFSET.
Rumekeso,2004.HOUSEKEEPING HOTEL,Yogyakarta; C.V ANDI OFFSET




Read more...
 
BINTANG_ANJANI © 2017